RASAKAN SENSASI BELAJAR DENGAN VR DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR
Teknologi Virtual Reality (VR) merupakan suatu cara dengan cara melakukan pemunculan sebuah gambar-gambar pembelajaran dalam bentuk media tiga dimensi atau yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan 3D , yang dimana proses ini dibuat melalui bantuan komponen komputer sehingga hasilnya akan terlihat lebih nyata . Dimana hal ini akan menjadikan pengalaman baru bagi peserta didik di sekolah, seolah - olah mereka akan merasa melihat secara langsung dan secara fisik dalam lingkungan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya teknologi ini diharapkan konsep berinteraksi dalam proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah, seiring maraknya penggunaan smartphone di sekolah maka pembelajaran dengan VR adalah upaya pengalihan penggunaan smartphone bagi peserta didik.
Berdasarkan observasi yang dilakukan pembelajaran menggunakan VR memancing kreativitas dan imajinasi peserta didik terhadap pelajaran, mereka merasakan sensasi baru yang tidak pernah mereka rasakan.
pada hakikatnya dengan dilahirkannya teknologi Virtual Reality (VR) ini sangatlah membantu untuk merasakan berada di tempat dengan sensasi seperti nyata dengan tampilan secara keseluruhan dan memudahkan dalam mengetahui berbagai macam objek apa saja yang ada secara jelas dan nyata. Serta berbagi informasi yang disajikan melalui tampilan Virual Reality (VR) juga akan akan lebih interaktif bagi peserta didik dibandingkan dengan teknologi yang lain. Fleksibilitas desain dunia maya pada konten Virual Reality (VR) menjadi nilai unggulan untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Berbagai bentuk seperti gedung, kelas, laboratorium, kantor dan lainnya dapat direalisasikan dalam bentuk Virual Reality (VR). Hal ini tentu bertujuan untuk menarik minat para pelajar dan merasakan suasana seperti di kelas saat pembelajaran.
Pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) yang dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan tak hanya sebatas itu saja, jika kita mengulik lebih dalam banyak hal-hal yang dapat diinovasikan. Bentuk manusia ataupun karakter masing masing pelajar ketika memasuki meeting room pun dapat dibuat sehingga setiap pelajar memiliki karakter fisik masing-masing. Pembelajaran tetap memperhatikan aspek Pendidikan nilai moral (Saputro, Pitoewas, Adha, 2013). Selain itu, proses belajarmengajar secara online seringkali menggunakan powerpoint, word, dan pdf sebagai media pembelajaran, pada dunia Virual Reality (VR) media tesebut juga dapat diintegrasikan ke dalamnya. Pengintegrasian ini tentunya menambah efek visualisasi dalam sistem pebelajaran secara online. Fitur lainnya yang dapat diaplikasikan kedalam dunia Virual Reality (VR) adalah hologram. Tampilan hologram merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan perbedaan sudut pandang cahaya koheren, dimana objek yang kita lihat seakan-akan menjadi nyata berbentuk tiga dimensi (3D). Pada saat ini pengembangan dan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat banyak. Khususnya dari aspek teknologi agar dapat diusulkan guna dijadikan alasan pendukung para pendidik untuk melakukan kegiatan pembelajaran berbasisis teknologi informasi seperti Virtual Realiti (VR).
Dalam hal ini penulis sebagai salah seorang pengajar di SMAN 1 TERBANGGI BESAR mencoba menawarkan sensasi pembelajaran berbasis tekhnologi VR, dimana objek – objek matematika dimasukkan dalam dunia Virtual, berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap 3 kelas yang belajar menggunakan VR, para peserta didik terlihat lebih antusias, kreativ dan bersemangat dalam belajar, bahkan mereka mengatakan belajar serasa bermain game.
Dan matematika lebih menantang karena mereka harus mencari dan bereksplorasi dalam belajar. Objek yang ditampilkan pun terasa lebih nyata, dalam hal ini SMAN 1 Terbanggi Besar merupakan sekolah pioneer dalam penggunaan tekhnologi VR di kabupaten Lampung Tengah, semoga dengan ini dapat memotivasi dan memancing sekolah lain agar tertarik dan mencoba menerapkan pembelajaran berbasis tehknologi VR.
Selain itu menurut hasil riset yang dilakukan oleh Lee and Fung (2010), mengenai investigasi perihal efektivitas penggunaan Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran guna mendukung peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan hasil akhir bahwasanya dengan menggunakan media Virtual Reality (VR), ini akan memberikan sumbangsih penting serta dampak yang sangat positif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses kegiatan pembelajaran peserta didik. Melalui strategi pembelajaran dengan menggunkan media Virtual Reality (VR) diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dan juga jawaban dari permasalahan proses pembelajaran saat ini agar terus dapat menciptakan sebuah kegiatan belajar mengajar mengedepankan aspek interaktif, aktif, serta efisiensi dapat tercapai yang di gadang-gadang selama ini dapat tercapai.
DAFTAR RUJUKAN
Abror, M., Susilana, R, dkk., 2018. Penggunaan Media Grazie Aerial Sky Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Educational Technologia.
Lee, E.A.L, dkk. 2010. How Does Desktop Virtual Reality Enhance Learning Outcomes? A Structural Equation Modeling Approach. Journal Computers & Education.
Sari, R.M.M. and Priatna, N., 2020. Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 Studi ; (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR Learning). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Bendera Rutin Minggu Kedua di SMAN 1 Terbanggi Besar
Terbanggi Besar, 15 September 2025 – SMAN 1 Terbanggi Besar kembali menggelar upacara bendera rutin pada Senin, minggu kedua di bulan September.Upacara ini diadakan di lapangan ut
SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR MENGADAKAN SENAM BERSAMA UNTUK MEMPERINGATI HARI OLAHRAGA NASIONAL KE-42
Terbanggi Besar, 09 September 2025- Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional ke-42 (HAORNAS), seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, dewan guru, staf tata usaha, hing
Upacara Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-70 di SMAN 1 Terbanggi Besar
Terbanggi Besar, 08 September 2025 - Dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-70, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Tengah menggelar upacara bendera
Penutupan Perkemahan Santosha Scout Camp dalam rangka Galang Tamu Tegak (GTT)
Terbanggi Besar, 23 Agustus 2025 – SMA Negeri 1 Terbanggi Besar resmi menutup rangkaian kegiatan Perkemahan Santosha Scout Camp dalam rangka Galang Tamu Tegak (GTT). Upacara penut
Pembukaan Perkemahan Santosha Scout Camp dalam rangka Galang Tamu Tegak (GTT)
Terbanggi Besar, 22 Agustus 2025 – SMA Negeri 1 Terbanggi Besar menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Santosha Scout Camp dalam rangka Galang Tamu Tegak (GTT). Kegiatan ini menjadi
Pelaksanaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Melalui Sholat Duha dan Keputrian
Terbanggi Besar, 22 Agustus 2025 – SMA Negeri 1 Terbanggi Besar menggelar kegiatan Sholat Duha berjamaah sebagai bagian dari Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang diin
SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Gelar Upacara HUT RI ke-80
Terbanggi Besar, 17 Agustus 2025 – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-80, SMA Negeri 1 Terbanggi Besar melaksanakan upacara bendera yang berlangsung
Pelaksanaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Melalui Sholat Duha dan Mengaji
Terbanggi Besar, 15 Agustus 2025– SMA Negeri 1 Terbanggi Besar menggelar kegiatan Sholat Duha berjamaah sebagai bagian dari Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang diini
SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Laksanakan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Melalui Sholat Duha Bersama
Terbanggi Besar, 8 Agustus 2025– SMA Negeri 1 Terbanggi Besar menggelar kegiatan Sholat Duha berjamaah sebagai bagian dari Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang diinis
Sosialisasi Program Sekolah oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum kepada Ketua dan Sekretaris Kelas di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar
Terbanggi Besar, 7 Agustus 2025 – Bagian Kurikulum SMA Negeri 1 Terbanggi Besar mengadakan kegiatan sosialisasi program sekolah yang diikuti oleh seluruh ketua dan sekretaris kela